Tips Mencari Pasir Dengan Kualitas Tinggi

Pasir merupakan bahan dasar dari segala kegiatan konstruksi, nahh banyak yang tidak memperhatikan bahwa kualitas pasir sangat mempengaruhi kualitas dari fondasi bangunan yang kita sedang bangun. Agar kamu tidak salah memilih pasir dengan kualitas yang kurang baik, yuk disimak penjeasan cara melihat pasir dengan kualitas yang baik dibawah ini.

www.freepik.com

1. Butiran Pasir Tidak Keras dan Tajam

Hindari memilih pasir yang memiliki butiran yang keras dan tajam, ini dapat mengurangi kualitas pasir yang kamu pilih. Campuran bahan konstruksi pun dapat bercampur kurang rata diakibatkan butiran pasir yang keras dan tajam.

2. Pasir Tidak boleh memiliki kandungan lumpur sekitar 5%

Jika pasir memiliki kandungan lumpur lebih dari 5%, pasir haru dicuci agar kandungan lumpur dalam pasir menghilang dari pasir tersebut. Lumpur dalam pasir dapat masuk dalam olahan semen dll dan dapat membuat kualitas campuran olahan kurang kuat saat instalasi.

3. Harus Memiliki Sifat Tahan Lama yang kuat

Pasir harus memiki sifat ketahanan yang kekal atau ketahanan yang sangat kuat. Pasir harus diuji coba menggunakan berbagai metode untuk melihat kekuatan yang teruji.

5 Jenis Pasir Yang Bagus Untuk Dijadikan Olahan Bangunan

1. Pasir Putih Lampung

Pasir Putih Lampung memiliki harga yang lebih terjangkau dari pasir putih Bangka dan kualitas pasir yang bagus dapat menjadikan pasir ini sebagai alternatif pilihan selanjutnya. Meskipun bernama pasir putih, sebenarnya pasir Lampung ini memiliki warna pasir yang sedikit kekuningan dan ada juga yang berwarna coklat.

2. Pasir Putih Bangka

Pasir Putih Bangka seperti namanya berasal dari pulang Bangka, jenis pasir ini memiliki warna putih bersih dan bertekstur lembut oleh sebab itu banyak direkomendasikan untuk digunakan sebagai plesteran dinding. Selain tekstur, kemudahannya untuk diaplikasikan, tidak boros dalam penggunaan semen dan tidak perlu diayak adalah kelebihan lain dari pasir putih Bangka.

3. Pasir Putih Rangkas

Pasir putih Rangkas memiliki warna keabu-abuan dan bertekstur cukup lembut. Namun pasir ini memiliki kekurangan yang perlu diayak terlebih dahulu sehingga saat diaplikasikan ke dinding tidak terlalu halus.

4. Pasir Coklat Belitung

Pasir Coklat Belitung memiliki harga terjangkau membuat pasir ini banyak direkomendasikan. Memiliki warna pasir kecoklatan, pasir coklat Belitung tidak harus diayak terlebih dahulu sebelum digunakan karena teksturnya yang halus sehingga lebih menghemat tenaga.

5. Pasir Mundu

Memiliki warna pasir yang kecoklatan, pasir ini banyak dijual di pasaran membuat pasir mundu mudah ditemukan. Meskipun merupakan salah satu jenis kualitas pasir yang bagus, pasir mundu bertekstur lebih kasar bila dibandingan dengan pasir yang lain karena memang harganya juga yang lebih murah. Oleh sebab itu sebelum digunakan perlu diayak terlebih dahulu agar hasil plesteran menjadi halus dan bagus.

Leave a Reply